SRCA Perkenalkan Gelang Pintar Elektronik pada Jamaah Haji

JEDDAH -- The Saudi Read Crescent Authority (SRCA) memperkenalkan gelang pintar elektronik selama musim haji. Gelang tersebut dapat berisi semua informasi penting bagi jamaah haji untuk menghadapi keadaan darurat.

Dilansir Arabnews, Rabu (24/8), Sekretaris Jenderal Bulan Sabit dan Palang Merah, Dr Saleh bin Hamad Al-Suhaibani mengatakan, berisi semua informasi tentang sejarah medis dan persyaratan medis jamaah haji.

Gelang tersebut merupakan gadget yang memiliki respon cepat sehingga dapat membantu menyelematkan nyawa dalam situasi apapun.

Gelang pintar tersebut berkode khusus yang bisa digunakan lewat smartphone maupun komputer.  Badan penyelemat akan merespon cepat karena mendapatkan akses ke gelang tersebut sehingga dapat segera melakukan penyelematan.

Al-Suhaibani melanjutkan, gelang tersebut juga dapat digunakan oleh Kementerian Kesehatan untuk pasien rawat inap. Kementerian Tenaga Kerja dan Sosial pun bisa menggunakan gelang tersebut yang bisa bermanfaat sebagai informasi medias kepada para pekerja.

Termasuk organisasi Internasional juga bisa menggunakan gelang tersebut misalnya untuk keperluan pengungsi dan keperluan umum lainnya. Teknologi tersebut hasil kerjasama antara Bulan Sabit dengan kelompok Saudi Skop.