Pemberangkatan Muzdalifah-Mina Tengah Malam

MAKKAH -- Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi 1437H/2016M, Subhan Chalid, mengatakan transportasi dari Muzdalifah menuju Mina akan dimulai pada 9 Dzulhijah malam pukul 23.00 waktu setempat. Namun, bus akan mulai bergerak ketika memasuki tanggal 10 Dzulhijah dinihari waktu setempat.

‘’Kalau dimulai pukul 12 malam, maka akan terlambat satu sampai 1,5 jam. Ini dari sisi teknis di lapangan,’’ katanya ketika ditemui di Syisyah. ‘’Jadi, bukan pukul 11 malam langsung berangkat, tapi pukul 11 itu proses loading jamaah-jamaah yang membutuhkan perlakukan khusus," demikian laporan wartawan Republika, Didi Purwadi.

Pada Kamis (1/9) kemarin, Mahkamah Agung Arab Saudi memutuskan tanggal 1 Dzulhijah jatuh pada Sabtu besok atau tanggal 3 September. Itu berarti Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijah) jatuh pada tanggal 12 September.

Jamaah haji sudah akan mulai bergerak dari Muzdalifah menunju Mina pada 9 Dzulhijah atau 11 September malam pukul 23.00. Bus saat itu sudah akan ada di pintu-pintu naiknya jamaah, terutama jamaah-jamaah yang memerlukan bantuan khusus seperti jamaah yang pakai kursi roda, pakai tongkat, yang sakit, yang sepuh dan lain sebagainya.

‘’Itu proses naiknya saja kan butuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit,’’ katanya. ‘’Begitu mereka sudah naik di bus, itu kan tinggal seperempat jam lagi sudah tengah malam, jadi tinggal berangkat saja.’’

Transportasi dari Mudzalifah ke Mina hanya menggunakan lima bus. Pertimbangannya adalah rute Mudzalifah ke Mina itu akan melewati tenda-tenda jamaah. Kalau semakin banyak kendaraan, maka akan membuat keadaan semakin macet. ‘’Yang dilakukan akhirnya mengurangi jumlah tapi memperlancar alur taradudi (shuttle bus) supaya jamaah cepat terangkut,’’ katanya.

Subhan pun mengimbau jamaah tertib antre karena pintu keluarnya tidak terlalu besar untuk muat dua orang. Jamaah diminta menepati hasil qurah yang sudah dilakukan dengan maktab dan disepakai ketua kloter di setiap maktab itu.

‘’Yang jadwalnya belakangan, ya belakangan saja, duduk-duduk dulu sambil menikmati Mudzalifah dan memperbanyak ibadah di sana. Sementara, yang sudah jadwalnya silakan langsung merapat ke pintu-pintu itu,’’ katanya.